Posisi Tidur yang baik bagi kesehatan

Salah satu kegiatan yang penting dan wajib dilakukan bagi manusia adalah tidur. Baik tua maupun bayi memerlukan tidur untuk memulihkan tenaga. Namun, masih banyak orang yang mengeluhkan ganguan disaat tidur. Salah satu faktor yang mempengaruhi masalah tidur sesorang adalah posisi tidur yang digunakan. Salah memilih posisi tidur akan menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh seperti tidur mendengkur,sakit punggung saat bangun tidur dan lainnya. Hal ini menyebabkan fungsi tidur sebagai pengembali kesehatan malah berubah menjadi perusak tubuh. Maka dari itu kenali Posisi Tidur yang baik bagi Kesehatan. Ada 3 Posisi tidur utama yang digunakan oleh manusia, simak gambar dibawah ini :

Posisi Tidur Yang Baik

Berikut penjelasan Posisi Tidur yang Baik sesuai gambar :
1. Tidur Terlentang
Posisi Tidur Terlentang memiliki fungsi mencegah sakit punggung dan sakit pada leher. Posisi ini juga memungkinkan mencegah naiknya asam lambung. Posisi Wajah yang menghadap keatas dipercaya mengurangi munculnya keriput wajah. Kelemahan Posisi Tidur Terlentang yakni bisa menimbulkan dengkuran dan gangguan pernapasan.

2. Tidur Posisi Miring
Salah satu posisi tidur yang banyak disarankan para ahli adalah tidur dengan posisi miring. Bahkan Rasullah SAW menyarankan agar umatnya tidur dengan posisi miring kekanan. Secara kesehatan, model tidur seperti ini sangat baik untuk kesehatan. Tidur menyamping dapat membuat tubuh istirahat dengan tenang dan nyaman. Tidur Posisi Menyamping juga dapat mencegah sakit punggung serta leher, mengurangi masalah dengkuran, Insomnia dan gangguan pernapasan ketika tidur. Namun, posisi ini akan membuat munculnya kerutan pada wajah.

3. Tidur Tengkurap
Salah satu posisi tidur yang tidak dianjurkan oleh dokter adalah Tengkurap. Banyak sisi negatif yang dihasilkan oleh posisi tidur tengkurap seperti kurang nyaman tidur karena tubuh akan mencari posisi enak,sakit punggung dan leher juga bisa disebabkan oleh posisi tidur ini. Belum lagi kerutan wajah yang dapat muncul.

Berdasarkan penjelasan 3 jenis posisi tidur diatas maka dapat disimpulkan bahwa tidur menyamping memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini dapat membantu anda memilih jenis posisi tidur yang baik bagi anda.

Posisi Tidur yang baik bagi kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar