Cara Mengobati Luka Memar Cepat Dan Efektif

Luka memar dapat disebabkan oleh benturan keras pada tubuh. Benturan tersebut akan mengakibatkan pembuluh darah yang letaknya di bawah kulit pecah. Sehingga, hal ini akan membuat warna biru atau merah lebam pada kulit karena efek dari rembesan pecahan pembuluh darah. Kulit yang memar lama kelamaan akan berubah menjadi kehijauan dan terkadang akan menimbulkan bengkak pada daerah luka memar. Untuk menghindari pembengkakan pada luka memar, cara mengobati luka memar yang efektif dan cepat sangat dibutuhkan. Cara mengobati luka memar dengan cepat dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

Cara Mengobati Luka Memar

Langkah pertama biasanya dilakukan untuk luka memar adalah menggunakan kompres es batu. Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa menggunakan kompres dengan air hangat. Usahakan menggunakan kain yang sedikit tebal, celupkan pada air hangat lalu kompres pada bagian luka yang memar. Kompresan air hangat dan air es ini adalah cara mengobati luka memar agar tidak membengkak dan juga dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan luka memar. Kompresan air hangat juga berfungsi agar aliran darah pada daerah memar tersebut. Cara ini adalah cara mengatasi luka memar dengan cepat.

Selain mengompres menggunakan es batu atau air hangat, ada bahan lain sebagai bahan mengompres luka memar. Cara mengobati luka memar dengan kompresan buah nanas atau campuran cuka apel dengan air hangat bisa dijadikan alternatif. Kompresan campuran cuka apel dengan air hangat pada luka, lama kelamaan luka memar akan memudar. Parutan nanas juga dapat dijadikan bahan kompres luka memar. Kompres luka memar dengan nanas, diamkan hingga mengering, kemudian bilaslah dengan air. Selain dengan parutan nanas, Anda juga bisa menggunakan parutan tumbuhan herbal kunyit sebagai bahan kompres. Balurkan parutan kunyit pada area memar, tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu basuh dengan air.

Jika luka memar terletak pada daerah lengan atau kaki Anda, coba angkat bagian tubuh yang memar pada posisi yang lebih tinggi dari posisi jantung Anda. Cara mengobati luka memar dengan metode ini ditujukan untuk meminimalisir darah lokal mengalir pada area memar. Jika Anda merasa luka memar tidak juga membaik setelah menggunakan beberapa cara diatas, segeralah periksa ke rumah sakit terdekat karena ditakutkan Anda beresiko mengalami patah tulang ataupun mengalami gejala luka yang lain.

Cara Mengobati Luka Memar Cepat Dan Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar