Cara Mengobati Cacar Air Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengobati Cacar Air - Cacar merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat menyerang semua umur dan kalangan. Penyakit cacar ditandai dengan munculnya ruam atau bintik-bintik merah yang muncul di seluruh tubuh. Bintik merah ini dapat berkembang menjadi bentolan kecil-kecil yang mengandung air dan menyebabkan timbulnya rasa gatal. Cara mengobati cacar air dapat dilakukan dengan menggunakan obat medis dan non medis. Nah, yang akan dibahas pada pembahasan kali ini adalah cara mengobati cacar dengan menggunakan bahan alami, adapun caranya yaitu:

Cara Mengobati Cacar Air

1. Menggunakan Mengkudu

Cara mengobati cacar air dengan menggunakan bahan alami yang pertama yaitu dengan menggunakan mengkudu. Cara mengolah mengkudu untuk obat cacar sangat simpel, pilih mengkudu yang sudah matang dan berwarna kuning. Cuci bersih mengkudu yang akan digunakan, kemudian blender sampai halus, lalu diminum rutin dua kali sehari. Anda dapat mencampur jus mengkudu ini dengan madu secukupnya untuk menambah rasa.

2. Menggunakan Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu jenis biji-bijian yang sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai pengganti karbohidrat saja, kacang hijau juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati cacar air. Untuk mengobati cacar air dengan kacang hijau dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan diolah dibuat makanan dan dibuat obat tabur. Untuk membuat obat tabur dengan kacang hijau caranya mudah, rendam kacang hijau selama semalam sampai mengembang, kemudian tumbuk sampai halus lalu oleskan pada kulit yang terkena pacar.

3. Menggunakan Lada

Selain digunakan untuk bumbu masak, lada juga dapat digunakan untuk mengobati cacar air. Cara mengobati cacar air menggunakan lada dapat dilakukan dengan mudah. Tumbuk lada sampai halus kemudian oleskan pada kulit yang terkena cacar. Walaupun lada jika dimakan pedas dan panas, jika dioleskan pada luka rasanya tidak panas.

Selain menggunakan bahan-bahan tradisional untuk mengobati cacar air agar cepat sembuh juga harus dibarengi dengan hidup bersih. Cara mengobati cacar air selain dengan menggunakan bahan alami di atas adalah mandi dengan air hangat. Gunakan handuk khusus dan jika sudah selesai digunakan jemur hingga kering. Jika perlu, gantilah pakaian setiap beberapa jam sekali agar bakteri cacar tidak terlalu menyebar terlalu banyak.

Cara Mengobati Cacar Air Menggunakan Bahan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar