Makanan Yang Mengandung Asam Folat Alami

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Alami - Tubuh manusia terdiri dari berbagai komponen pembentuknya, mulai dari yang dapat dilihat seperti panca indera, tersembunyi didalam tubuh seperti organ, atu juga yang kasat mata seperti sel-sel. Kesemua komponen pembentuk tubuh tersebut merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Dengan kata lain, apabila salah satu komponen mengalami masalah, tidak menutup kemungkinan bahwa komponen lainya juga akan terganggu. Untuk dapat menjaga keseimbangan tubuh, kesehatan tubuh, dan kinerja tubuh dalam kondisi normal, maka diperlukan makanan yang mengandung asam folat.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Alami

Asam folat adalah nama lain dari senyawa kimia vitamin B9. Asam folat juga merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tubuh itu sendiri. Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya terhadap asam folat ialah bisa dipergunakan sebagai pembentuk DNA. Selain itu juga dapat digunakan sebagai komponen pembentuk sel darah merah, dan juga sebagai bahan untuk meregenerasi sel-sel kulit yang rusak. Dengan demikian, asupan makanan yang mengandung asam folat sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Banyak sekali jenis makanan yang mengandung asam folat yang dapat ditemukan disekitar tempat tinggal. Dan salah satu makanan yang kaya akan kandungan asam folat adalah buah-buahan dan sayuran. Sayuran berdaun hijau seperti brokoli mempunyai kandungan asam folat yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 24%. Dengan kandungan asam folat yang dimiliki oleh brokoli, dapat mengakomodir semua aktivitas sehari-hari. Selain brokoli, sayuran lainnya yang kaya akan asam folat adalah bayam. Sayuran yang identic dengan tokoh kartun Popeye tersebut, memiliki kadar asam folat yang sangat tinggi, yaitu berkisar antara 64%.

Selain sayuran, bahan makanan yang mengandung asam folat adalah buah-buahan. Dari semua buah yang ada buah Alpukat merupakan raja dari buah-buahan yang mengandung asam folat. Kandungan yang tersedia dalam alpukat berkisar antara 89%. Selain itu, buah jeruk juga merupakan buah-buahan yang kaya akan asam folat. Walaupun kandungan yang terdapat didalamnya tidak sebanyak buah alpukat, tapi kadar 43% pada buah jeruk, sudah sangat cukup untuk konsumsi asam folat harian.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar