Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil Efektif Dan Aman

Sering merasakan nyeri pada bagian perut pada saat hamil merupakan hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil. Namun, tetap harus diwaspadai jika nyeri tersebut terjadi terlalu sering dan juga terasa sangat menyakitkan. Nyeri pada bagian perut yang hebat dapat berdampak buruk pada kondisi janin. Rasa nyeri tersebut biasanya terjadi karena kurangnya oksigen pada rahim. Tidak lancarnya asupan pada rahim akan menyebabkan peredaran darah juga tidak lancar. Gangguan ini pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri atau kram. Ada beberapa cara mengatasi kram perut saat hamil yang efektif dan aman agar kram tidak berdampak buruk.

cara mengatasi kram perut saat hamil

Kram perut yang terjadi saat usia kandungan memasuki trimester pertama adalah hal yang wajar. Hal ini terjadi karena naiknya kadar hormon relaksin dan juga progesteron yang membuat rahim sedikit meregang. Jika kram terjadi masih dalam konteks wajar, yaitu rasa sakit kram seperti pada waktu haid, cara mengatasi kram perut saat hamil dapat dilakukan dengan cara berikut. Usahakan agar ibu hamil harus sering makan dengan porsi makan tidak terlalu banyak, sedikit tapi sering. Usahakan pula untuk istirahat yang cukup. Jika kram berlangsung lama dan juga terasa lebih sakit, segera periksakan ke dokter. Ini karena, ditakutkan akan terjadi beberapa gangguan kehamilan yang serius.

Cara mengatasi kram pada saat hamil trimester kedua dapat dilakukan dengan cara istirahat dan juga berbaring dengan menggunakan bantalan yang tinggi. Gejala kram pada trimester ini biasanya menyerang pada bagian kanan atau sisi kiri perut bawah ibu hamil. Pemekaran atau perubahan ukuran ligamentum pada rahim berefek pada timbulnya rasa nyeri atau kram pada perut. Cara menghilangkan kram perut pada saat hamil dapat dilakukan dengan tidak mengubah posisi duduk Anda secara tiba-tiba. Usahakan agar memindahkan sebelah kaki terlebih dahulu kemudian berdiri bersamaan dengan kaki satunya agar perut tidak tegang.

Kram saat kehamilan memasuki usia tua atau menjelang kelahiran juga merupakan hal yang wajar. Cara mengatasi kram perut saat hamil 8 bulan dapat dilakukan dengan mulailah sedikit mengurangi aktivitas Anda. Jangan beraktivitas secara berlebihan. Usahakan agar selalu mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Selain itu, cara mengatasi kram perut pada saat hamil juga dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan gizi dan juga usahakan agar Anda jangan terlalu stress karena hal ini akan meminimalisir resiko kram.

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil Efektif Dan Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

0 komentar:

Poskan Komentar