Tips Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

cara mengatasi tidur mendengkur - Mendengkur adalah suara yang ditimbulkan oleh orang saat sedang tertidur. Sebagian orang saat tidur ada yang mendengkur dan beberapa ada yang tidak. Suara dengkuran ini dianggap hal yang wajar oleh semua orang. Akan tetapi, sebenarnya dengkuran bisa menjadi pertanda suatu penyakit. Dan pastinya suara dengkuran juga sangat mengganggu orang-orang yang di sekitarnya. Adapun penyebab dari tidur mendengkur antara lain yaitu karena faktor usia, posisi tidur, masalah pada hidung, berat badan, kondisi tubuh, dan gaya hidup. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya berikut ini ada beberapa cara mengatasi tidur mendengkur.

cara mengatasi tidur mendengkur

1. Ubah posisi tidur

Cara mengatasi tidur mendengkur yang pertama adalah dengan mengubah posisi tidur Anda. Posisi tidur yang tidak tepat bisa mengakibatkan mendengkur. Biasanya suara dengkuran keluar pada posisi telentang. Maka dari itu, ubah posisi tidur menjadi menyamping.

2. Posisi kepala diangkat saat tidur

Dengan mengangkat posisi kepala saat tidur dapat mencegah Anda tidur dengan mendengkur. Kebanyakan orang mendengkur karena posisi kepala yang terlalu ke belakang dari letak bantal. Gunakan bantal yang agak tinggi 4 inci supaya Anda tidak mendengkur. Cara mengatasi tidur mendengkur ini cukup mudah dilakukan dan nyaman.

3. Kurangi berat badan

Cara selanjutnya yaitu dengan menurunkan berat badan. Berat badan menjadi faktor utama mengapa kebanyakan orang sering sekali mendengkur saat tidur. Berat badan yang berlebih cenderung mengakibatkan tidur mendengkur dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan kurus. Hal ini dikarenakan, penumpukan lemak dan penyempitan pada pembuluh darah karena kegemukan. Jika memiliki berat badan berlebih, ada baiknya lakukan diet sehat dan berolahraga secara teratur.

Mendengkur saat tidur bisa menandakan suatu penyakit, yang mana nafas berhenti secara berulang kali hingga Anda tertidur. Gejala ini dinamakan Obstructive Sleep Apnea di mana penderitanya merasakan sesak nafas dan terbangun tiba-tiba untuk bernafas. Gejala ini sering kali tidak disadari. Maka dari itu, dengan informasi cara mengatasi tidur mendengkur tersebut semoga bisa menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog http://minecandyland.blogspot.com/ untuk membaca artikel seputar kesehatan. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk bookmark dengan cara CTRL+D sehingga anda tidak kesulitan lagi untuk berkunjung kesini.

Tips Cara Mengatasi Tidur Mendengkur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar