Resep Makan Sehat Untuk Anak 1 Tahun

Membuat resep makanan sehat untuk anak 1 tahun perlu menyesuaikan kebutuhan gizi sesuai usia. Pada anak usia 1 tahun merupakan saat pertumbuhan kecerdasan otak, ketahanan fisik serta pembentukan karakter. Sehingga resep makan sehat pada usia anak 1 tahun perlu memperhatikan asupan gizi seimbang. Banyak ibu-ibu yang tidak mengetahui menu yang tepat sesuai kebutuhan gizi anak. Apalagi seorang ibu muda yang baru mempunyai anak pertama. Mereka bingung mengatur menu dan porsi, kadang takut terlalu banyak sehingga anak nanti menjadi gemuk dan sebaliknya. Untuk membantu mengenai hal ini, sebaiknya Anda simak artikel tentang resep makanan sehat anak usia 1 tahun dibawah ini.

makanan sehat untuk anak 1 tahun

· Makanan sehat untuk anak 1 tahun waktu sarapan pagi

Usia 1 tahun masih membutuhkan makanan yang tidak keras. Buatlah nasi tim atau nasi lembek untuk dikonsumsi setiap hari. Sedangkan untuk sarapan pagi, cukup dengan setengah piring nasi lembek, wortel dan brokoli rebus dipotong kecil, serta lauknya kuning telur rebus. Setelah semua siap, campur semua dalam piring dan diaduk hingga merata. Menu tersebut cukup sesuai dengan kebutuhan gizi anak. Untuk melengkapi gizi lebih sempurna, berikan anak Anda susu formula untuk menambah nutrisi. Selain itu, Anda dapat mengkreasikan sendiri menu sarapan pagi. Kuning telur bisa diganti dengan hati ayam atau ikan yang mengandung omega3. Kandungan tersebut membantu rangsang dan kecerdasan otak. Menu makanan sehat untuk anak 1 tahun ini pasti akan sangat disukai oleh anak Anda.

· Makan siang sehat untuk anak 1 tahun

Menu siang makanan sehat untuk anak 1 tahun bisa memperbanyak asupan protein dan karbohidrat. Ini memang melihat kebutuhan anak usia 1 tahun yang sedang aktif bermain. Protein bisa didapat dari jenis protein nabati, serta Anda bisa menambah porsi nasi lembek lebih banyak dibanding sarapan pagi. Setelah makan siang, Anda bisa memberikan buah segar yang kaya vitamin C dan serat. Pilihan buah sangat bervariatif, Anda bisa memperkenalkan berbagai jenis buah supaya Anak akan menyukai buah-buahan.

· Makan sehat anak 1 tahun untuk malam hari

Buatlah menu makan malam yang terdiri dari asupan karbohidrat, protein, vitamin dan nutrisi yang cukup. Nasi tetap menggunakan nasi lembek atau nasi tim, perkenalkan anak Anda dengan aneka macam sayur hijau, serta beri menu potongan kecil daging ikan laut. Biasakan anak Anda makan malam lebih awa karena, jika sudah mendekati jam tidur dapat menyebabkan anak merasa lapar ketika tengah malam. Ketika anak tidur setelah makan, sistem pencernaan bekerja mereaksi apa yang sudah dikonsumsi, jadi ketika anak terbangun akan merasa lelah dan lapar. Maka biasakan anak Anda makan malam lebih awal. Pilihan makanan sehat untuk anak 1 tahun diatas bisa Anda contoh.

Semoga Anda menjadi orang tua pintar dan peduli terhadap kesehatan dan kebutuhan gizi anak, dengan memberikan menu sehat bagi anak usia 1 tahun. Jangan lupa gunakan fungsi CTRL+D untuk selalu mendapatkan informai dari blog pusat informasi terlengkap.  

Resep Makan Sehat Untuk Anak 1 Tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar