Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan

Manfaat madu hitam pahit sangat banyak sekali, terutama untuk kesehatan tubuh. Madu murni khas Indonesia ini banyak ditemukan di daerah Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. Madu ini merupakan hasil dari lebah asli endemik Bangka. Lebah tersebut menghasilkan madu yang berbeda dan khas, yaitu berwarna hitam. Warna tersebut bersumber dari lebah yang mengambil sari bunga dari pohon mahoni, singkong karet, pohon pelawan, sehingga madu yang dihasilkan warnanya gelap dan rasanya pahit. Tapi justru hal itu yang membuat madu hitam lebih kaya manfaat untuk kesehatan kita. Masyarakat sekitar memberi nama madu pelawan, karena pohon pelawan tersebut hanya tumbuh didalam hutan sekitar Bangka.

Madu pahit pelawan mempunyai kadar alkaloid yang tinggi dimana zat tersebut bermanfaat untuk membunuh bakteri yang membahayakan kesehatan. Selain itu, mengkonsumsi madu hitam pahit akan mendapatkan banyak manfaat lain untuk kesehatan Anda. Misalnya mengatur kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Serta masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat jika minum madu murni pelawan. Manfaat madu hitam pahit asli Bangka ini sudah banyak yang membuktikannya. Tapi karena madu tersebut hanya terdapat di Bangka dan masa panen hanya setahun sekali, maka harga madu ini cukup mahal. 1 kilo madu murni pelawan in mencapai Rp. 120. 000, - lebih mahal dibanding jenis madu manis biasa.

Cara mengkonsumsi madu hitam pahit khas Bangka ini cukup 1 sdm, diminum 3 kali sehari sebelum makan. Manfaat madu hitam pahit lainnya adalah bisa untuk mengobati luka luar, caranya dioles disekitar luka. Madu tersebut dapat membantu mempercepat keringnya luka. Jenis madu ini bisa menjadi alternatif pengobatan. Madu hitam pahit pelawan juga aman dikonsumsi dan tanpa efek samping. Tapi madu ini tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah 1 tahun. Saat ini banyak produk herbal dari bahan madu murni asli Bangka ini, tapi sebaiknya teliti terlebih dahulu sebelum membeli. Apakah kandungan madu tersebut asli dari madu hitam. Semoga informasi seputar minuman kesehatan ini bermanfaat untuk Anda. Manfaat madu hitam pahit bisa Anda rasakan setelah mengkonsumsi dan kesehatan Anda akan selalu terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan terus kunjungi http://minecandyland.blogspot.com/ jika ingin mendapatkan tips kesehatan lainnya.

Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar