Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Tepat dan Akurat

Ketika Anda ingin membangun rumah, Anda pastilah tak bisa langsung serta merta membangunnya. Ada hal yang mesti Anda lakukan terlebih dahulu, yaitu menghitung biaya membangun rumah. Anda tak bisa menyepelekan masalah ini, karena perhitungan biaya akan mempengaruhi dana yang harus Anda keluarkan. Tentunya setelah Anda mengetahui dana yang harus Anda keluarkan, Anda bisa mempersiapkan sejak awal, sehingga pembangunan rumah akan berjalan lancar tanpa hambatan. Berikut ini cara menghitung biaya pembangunan rumah agar Anda bisa memastikan dana yang harus Anda keluarkan saat membangun tempat hunian.

Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah

1. Menghitung Biaya Tanah

Cara menghitung biaya pembangunan rumah pertama bisa Anda lakukan dengan menghitung dulu jumlah biaya yang akan Anda keluarkan untuk membeli tanah. Tentunya, pembelian tanah sesuai dengan tipe rumah idaman yang Anda inginkan. Misalnya, ketika Anda ingin membangun rumah dengan ukuran 5 x 10 meter, berarti Anda membutuhkan tanah sekitar 50 meter. Tak hanya sampai disitu saja, Anda juga harus tahu harga tanah per meter perseginya. Saat tanah per meternya dijual 2 juta rupiah, maka Anda bisa mengalikan luas tanah dengan harga tanah per meternya. Jadi, Anda membutuhkan dana kira-kira 100 juta rupiah untuk membeli tanah.

2. Menganalisa Harga Satuan Bangunan

Cara menghitung biaya pembangunan rumah tak begitu saja berakhir setelah Anda mengetahui biaya untuk membeli tanah. Ada hal lain yang harus Anda pikirkan, yaitu menghitung biaya bahan-bahan untuk membangun rumah. Meskipun terlihat mudah, Anda tak boleh menyepelekannya karena bahan-bahan yang dibutuhkan tentunya dalam jumlah yang besar. Misalnya, Anda harus menghitung biaya semen, genteng, batu-bata, cat, rangka, besi, dan lain-lain. Anda harus menganalisa dan menghitung secara mendetail supaya Anda tahu biaya yang harus Anda keluarkan untuk bahan-bahan bangunan rumah tersebut.

3. Menghitung Gaji Para Pekerja

Saat Anda membangun rumah, tak mungkin Anda akan membangun rumah tersebut sendiri. Pastilah Anda membutuhkan tenaga-tenaga dari para pekerja. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus menargetkan rumah idaman Anda akan selesai dalam waktu beberapa bulan. Jadi, Anda benar-benar tahu berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membayar para tukang bangunan tersebut. Tentunya Anda juga harus memberikan uang yang layak sesuai dengan standar pemerintah supaya Anda tidak dibilang mengeksploitasi mereka. Sebagai contohnya, Anda mempekerjakan 3 orang pekerja. Pekerja tersebut harus menyelesaikan tugasnya dalam waktu 3 bulan. Setiap harinya, mereka akan mendapatkan gaji 50 ribu. Maka dari itu, biaya yang mesti Anda keluarkan kira-kira 3 x 90 hari x 50 ribu yaitu 135 juta rupiah. Setelah Anda mengetahui cara menghitung biaya pembangunan rumah di atas, semoga Anda bisa membangun rumah dengan lancar tanpa harus pusing memikirkan biaya yang Anda keluarkan.

Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Tepat dan Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

0 komentar:

Posting Komentar