5 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Lama dan Membandel

Seringkali luka akan meninggalkan bekas yang dapat mengganggu penampilan Anda. Jenis luka seperti luka bakar, luka gores bahkan luka operasi akan meninggalkan bekas yang bisa bertahan lama di bagian tubuh Anda. Karena itulah untuk saat ini akan disiapkan serangkaian cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama yang khusus penulis paparkan bagi para pembaca sekalian.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

· Mengoleskan madu

Dibalik tampilannya yang sederhana ini, James F Balch dan Phyllis A. Balch, dalam Prescription for Nutritional Healing menganjurkan untuk mengoleskan madu secara merata pada bekas luka membandel yang Anda alami biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama ini paling efektif mengingat kandungan gizi yang baik untuk peremajaan kulit.

· Jus mengkudu

Senyawa scopoletin dalam jus mengkudu berperan aktif sebagai anti-radang dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru untuk menggantikan bekas luka. Anda dapat membuat masker di sekitar bekas luka dengan jus mengkudu, biarkan hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat dan dilakukan rutin sekitar 2-3 kali dalam sehari.

· Bawang putih

Sejak 3000 SM, bangsa china telah membuktikan manfaat bawang putih dalam menghilangkan bekas luka bahkan jika bekas tersebut membentuk keloid. Hal ini diakibatkan oleh anti-proliferasi yang dapat merangsang pembentukan kolagen kulit dan menekan perkembangan keloid. Anda bisa mengoleskan potongan bawang putih ke bekas luka secara rutin beberapa kali sehari.

· Mentimun

Joel Schlesinger, MD. mengatakan bahwa selain kandungan vitamin C, potasium, dan air yang tinggi, mentimun mengandung silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa mentimun mampu menghilangkan bekas luka. Dengan aplikasi jus mentimun yang dibiarkan semalaman penuh dan rutin dilakukan makan bekas luka akan menghilang dengan sendirinya.

· Teh hijau

Cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama berikutnya dapat Anda tempuh menggunakan daun teh hijau. Teh hijau dipercaya mengandung antioksidan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang terbukti memiliki kekuatan 2000 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin E dalam meremajakan kulit. Untuk menghilangkan bekas luka, Anda dapat mengoleskan seduhan teh hijau ke bekas luka yang Anda miliki.

Cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama ini terbilang tradisional namun cukup aman untuk Anda aplikasikan secara rutin dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa mengaplikasikan bahan-bahan herbal ini tidak hanya sekedar untuk menghilangkan bekas luka tetapi juga bisa bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit agar nampak sehat alami.

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Lama dan Membandel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

0 komentar:

Posting Komentar