Mengenal Berbagai Manfaat Buah Apel

Manfaat Buah Apel - Buah Apel (Malus domestica) merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Berbagai penelitian ilmiah menunjukkan bahwa buah apel kaya akan kandungan nutrisi, khususnya antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini berbagai macam manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh, yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menjaga kesehatan.

 Manfaat Buah Apel

1. Mengatasi Asma

Berdasarkan penelitian terkini, seseorang yang rutin mengkonsumsi jus buah apel setiap harinya memiliki resiko gangguan organ pernafasan yang sangat rendah dibandingkan dengan seseorang yang jarang mengkonsumsinya. Terlebih jika seorang ibu hamil rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari, buah hatinya memiliki resiko terkena penyakit asma yang rendah dibanding ibu hamil yang tidak mengkonsumsi buah apel.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah apel yang kedua yaitu mampu secara efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Berdasarkan studi mengenai kesehatan terbaru, seseorang yang rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya sebesar 16%.

3. Mengatasi Diabetes

Manfaat buah apel berikutnya yaitu mampu mengatasi penyakit diabetes. Buah apel mengandung pectin yang mampu menyuplai asam galacturonic yang berfungsi untuk meningkatkan produksi hormone insulin dalam tubuh. Kadar hormon insulin yang mencukupi mampu mengontrol dan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, seseorang yang menderita penyakit diabetes dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari.

4. Mencegah Penyakit Kanker Usus

Penelitian medis menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari memiliki resiko terkena penyakit kanker usus 43% lebih rendah dibanding dengan seseorang yang jarang ataupun tidak pernah mengkonsumsinya. Untuk itu, bila Anda ingin merasakan manfaat buah apel dalam mencegah terjadinya penyakit kanker usus, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah apel.

5. Memperkuat Tulang

Buah apel mengandung flavonoid bernama phloridzin dan boron yang bermanfaat untuk meningkatkan massa tulang, sekaligus memperkuat tulang. Oleh karena itu, orang dewasa sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari.

Mengenal Berbagai Manfaat Buah Apel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar