Mengenal 5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Penyebab Rambut Beruban - Mendapati rambut putih atau sering disebut uban tidak boleh Anda remehkan jika Anda masih berada di usia belia. Uban bisa menjadi suatu pertanda adanya gangguan yang ada di dalam tubuh Anda. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, rambut yang beruban akan semakin bertambah banyak dan bisa dibilang Anda akan mengalami proses penuaan dini. Dengan mengenali penyebab rambut beruban di usia muda yang akan penulis paparkan berikut ini, setidaknya dapat membantu Anda melakukan beberapa pencegahan agar uban tidak semakin bertambah.
Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda
Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda
Status gizi yang buruk
Asupan makan bergizi yang kurang dapat menyebabkan kerusakan rambut yang ditandai dengan munculnya uban dan rambut mudah rontok. Jika makanan yang Anda konsumsi telah cukup zat gizinya, mungkin terjadi gangguan pada sistem pencernaan yang berakibat tidak maksimalnya penyerapan zat gizi tersebut.
Kelainan kelenjar tiroid
Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa adanya kelainan ataupun gangguan pada kelenjar tiroid ini bisa memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon, yang kemudian dapat menjadi penyebab rambut memutih meskipun Anda masih muda.
Masalah tidak cocoknya shampo
Tidak cocoknya pada sebagian atau seluruh zat yang terkandung dalam shampo dapat menyebabkan rusaknya rambut dan kulit kepala. Dan kemungkinan besar, zat kimia inilah yang mengganggu proses pigmentasi rambut sehingga berkontribusi besar sebagai penyebab rambut beruban.
Faktor genetik
Faktor genetik dapat berpengaruh besar pada terbentuknya uban di usia muda. Jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat yang memiliki uban dalam jumlah yang tidak normal, makan Anda kemungkinan besar juga akan mengalami hal yang sama.
Stres
Stres merupakan penyebab rambut beruban yang paling utama. Ketika seseorang mengalami stres berat, maka produksi pigmen hitam rambut akan terganggu, metabolisme dalam tubuh pun juga akan terganggu. Sehingga dapat mempengaruhi kesehatan dan proses pigmentasi rambut pula.
Banyak sekali penyebab rambut beruban di usia muda yang beberapa diantaranya merupakan indikator terganggunya kesehatan sehingga Anda patut waspada jika Anda memiliki uban dengan jumlah yang tidak wajar ketika Anda masih mudah. Semoga paparan penulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk lebih memperhatikan kesehatan kulit kepala dan rambutnya.










Mengenal 5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar