resep kue talam ubi yang enak

resep kue talam ubi

Hallo selamat siang pembaca sekalian. Kali ini masih seputar resep kue yang akan dibahas. Salah satu kue yang saat ini sudah jarang ditemukan adalah kue talam. Nah demi membantu melestarikan kuliner indonesia maka pusat informasi terlengkap akan memberikan resep kue talam. Kue talam yang dibuat adalah berbahan dasar ubi sehingga namanya menjadi resep kue talam ubi. Berikut bahan dan cara membuatnya yang telah admin rangkum :

Bahan – Bahan Kue Talam Ubi :

300 g ubi jalar, kupas
60 g tepung kanji
50 g tepung beras
120 g gula pasir
250 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
1 sdt agar-agar bubuk
½ sdt garam

Lapisan Santan
150 ml santan kental, dari ½ butir kelapa
5 sdm air panas
3 sdm tepung beras
1 sdm tepung kanji
½ sdt garam

Cara membuat Kue Talam Ubi :
1. Sebelum mulai sebaiknya cetakan kue talam anda olesi dengan minyak goreng tipis - tipis. Hal ini bertujuan agar mudah diambil saat matang nanti.
2. Bagian yang dahulu dibuat adalah lapisan Ubi. Ubi jalar yang telah dibersihkan tadi anda kukus sampai ubi menjadi lunak. Saat masih panas anda haluskan bersamaan dengan tepung beras,tepung kanji,santan,agar - agar,gula serta garam. Lalu masukan adonan kedalam cetakan kue talam yang telah dilapisi minyak tadi namun jangan sampai penuh. Cukup 3/4 bagian.
3. Jika semua cetakan telah terisi lapisan ubi maka selanjutnya kukus diatas api kecil sampai matang sekitar 10 menit. Angkat dan diamkan sejenak sambil membuat lapisan santan.
4. Buat lapisan santan dari bahan - bahan untuk lapisan santan yang telah disiapkan tadi. Kemudian tuangkan keatas lapisan ubi yang didiamkan tadi.
5. Kukus kembali semuanya sampai lapisan santan matang sekitar 15 menit. Angkat dan siapkan wadah untuk kue talam ubinya.
6. Kue Talam Ubi siap untuk dihidangkan

Semua bahan diatas digunakan untuk membuat sekitar 27 buah kue talam ubi. Terima kasih telah membaca postingan yang berjudul "resep cara membuat kue talam ubi". Jangan Lupa share dan like jika dirasa bermanfaat.

resep kue talam ubi yang enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar